Senin, 04 Februari 2013

Bab 4 PErangkat Lunak Pengolah Kata






Perangkat lunak pengolah kata  adalah suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk produksi (termasuk penyusunan, penyuntingan, pemformatan, dan kadang pencetakan) segala jenis bahan yang dapat dicetak.
Jenis-jenis Software Pengolah Kata
Jenis-jenis program pengolah kata sangat banyak, beberapa diantaranya yaitu :
* AbiWord
* KWord
* Microsoft Works Word Processor
* StarOffice Writer
* WordPerfect
* WordPad
* Chiwriter
* WordStar
A.Memulai Microsoft Word 2007

Untuk memulai menggunakan program pengolah kata Microsoft Word 2007 langkah-langkahnya adalah:
    1.Klik Start pada Taskbar,
    2.Pilih All Program,
    3.Pilih Microsoft Office,
    4.Klik Microsoft Office Word 2007.
Cara lain untuk mengaktifakan program pengolah kata Microsoft Word 2007 adalah dengan double klik ikon shortcut Microsoft Office Word 2007 yang terdapat pada desktop.
Setelah kita klik Microsoft Word 2007 maka CPU akan memproses perintah yang kita berikan untuk membuka program Microsoft Word 2007.Sebagai tanda bahwa CPU telah melaksanakan perintah yang kita berikan pada desktop akan ditampilkan jendela program Microsoft Word.


Bagian-bagian Microsoft Word
1.Office Button atau Tombol office adalah tombol berbentuk bulat di sebelah kiri atas pada produk Microsoft Office 2007 dan 2010. Fungsi Office button adalah untuk menampilkan menu-menu New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, Close dan Optoins. Adapun fungsi dari sub menu office button adalah sebagai berikut :
   2.Quick access toolbar atau bar percepatan menu berisi tombol-tombol menu yang digunakan untuk mempercepat perintah dalam pengerjaan dokumen. Tombol-tombol menu dalam Quick Access Toolbar ini merupakan shortcut dari perintah yang ada di Office Button.
3.Title bar atau daerah judul berisi tentang informasi dan nama dokumen yang sedang dikerjakan.
4.Minimize button,yaitu tombol yang digunakan untuk memyembunyikan
5. Restore,untuk menampilkan kembali jendela dengan ukuran sebelumnya.
6.Exit button,digunakan untuk menutup atau keluar dari lembar kerja.
7. Ribbon tool atau pita peralatan merupakan tempat menu-menu perintah yang digunakan untuk mengedit dokumen. Ribbon Menu terdiri atas Menu Bar dan Toolbars. Menu Bars (baris menu) berisi barisan perintah menu, yaitu menu Home, Insert, Page Layout, References, Mailing, Reviews. Sedangkan toolbars berisi tombol perintah menu yang meruapakan isi dari menu-menu perintah dalam menu bar. Tampilan Toolbars berubah-ubah tergantung pada menu yang diaktifkan.
8.Horisontal ruler atau pengaris mendatar yaitu suatu skala untuk pengukuran lebar lembar kerja dalam satuan inci atau sentimeter,tergantung setting yang digunakan.
9.Vertical ruler atau penggaris berdiri yaitu suatu skala untuk pengukuran panjang lembar kerja dalam satuan inci atau sentimeter,tergantung setting yang digunakan.
10.Status bar atau daerah status dokumen menampilkan informasi tentang posisi kursor, jumlah halaman, jumlah kata, serta informasi lain tentang dokumen yang sedang dikerjakan.
11.Document Area terletak di tengah jendela berupa area putih seperti kertas kosong yang siap untuk ditulis. Daerah ini merupakan daerah untuk mengetik dan mengedit dokumen.
12.Zooming button yaitu tombol yang berguna untuk mengatur besar kecilnya tampilan halaman.
13.Cursor (kursor) merupakan garis tegap berkedip. Semua karakter yang diketik akan muncul dari Cursor ini.
14.Zooming slider slide yang digunakan untuk mengatur besar kecilnya tampilan halaman.
15.Horisontal scroll bar atau penggulung mendatar digunakan untuk menggeser lembar kerja ke kanan atau ke kiri.
16.Vertical scrollbar atau penggulung berdiri digunakan untuk menggeser lembar kerja ke atas atau ke bawah.
17. Ruller merupakan mistar untuk mengatur Tab, Margin, dan Indent
18.Scroll Bar berfungsi untuk menggeser layar dokumen kerja. Jika menggeser layar dokumen kerja ke kiri atau ke kanan, gunanaya Horizontal Scroll Bar sedangkan jika untuk menggeser layar dokumen kerja ke atas dan ke bawah, gunakan Vertical Scroll Bar.

B.Fungsi Menu dan Ikon Microsoft Word 2007

   1.Office Button
Office Button berisi ikon-ikon sebagai berikut :

Nama
Fungsi
New
New adalah pilihan untuk membuat dokumen baru.
Open
Open adalah pilihan untuk membuka kembali dokumen yang telah disimpan.
Save
Save adalah pilihan untuk menyimpan dokumen yang telah disimpan setelah diubah.
Save As
Save As adalah pilihan untuk menyimpan dokumen baru atau dokumen lama dengan nama yang berbeda.
Print
Print adalah pilihan untuk mencetak dokumen.
Prepare
Prepare adalah pilihan untuk persiapan publikasi dokumen.
Send
Send adalah pilihan mengirimkan dokumen melalui e-mail atau internet Faximile.
Publish
Publish adalah pilihan untuk mengunggah dokumen ke internet melalui blog atau dokumen managemen server.
Close
Close adalah pilihan untuk menutup lembar kerja.
   2.      Tab Menu Insert
berisi perintah untuk menyisipkanobjek pada dokumen seperti gambar,table,grafik,dsb.

a. Tables
Nama
Fungsi
Pivot Table
Meringkas data menggunakan Tabel Pivot atau untuk menyisipkan Chart Pivot.
Table
Untuk membuat tabel.

b.Ilustrations
Nama
Fungsi
Picture
Menyisipkan gambar.
Clip Art
Menyisipkan gambar Clip Art.
Shapes
Menyisipkan bentuk-bentuk dasar.
SmartArt
Menyisipkan grafik SmartArt.

c.Charts
Nama
Fungsi
Column
Menyisipkan grafik batang.
Line
Menyisipkan grafik garis.
Pie
Menyisipkan grafik pie.
Bar
Menyisipkan grafik dalam bentuk mendatar.
Area
Menyisipkan grafik area.
Scatter
Menyisipkan grafik scatter (menyebar).
Other Charts
Pilihan  grafik yang lain.
d.Links

e.Text
Nama
Fungsi
Text Box
Menambah text box (kotak teks).
Header & Footer
Menambah header dan footer dokumen.
Word Art
Menambah tulisan artistik WordArt.
Signature Line
Menambah garis tanda tangan.
Object
Menambah objek Microsoft Office.
Symbol
Menambah simbol-simbol.

3.Tab Menu Home
Menu Home berisi operasi standar pada pengolahan data Ms Excel, seperti menyalin data, mengatur huruf, perataan teks, dan lain sebagainya. Ribbon yang terdapat pada menu Home adalah :
a.Clipboard
Nama
Fungsi
Paste
Menampilkan data hasil Cut atau Copy
Cut
Memindahkan data dengan cara dipotong
Copy
Menyalin data
Format Pointer
Menyalin format data dan mengaplikasikan pada   data yang lain.

b.Font
Nama
Fungsi
Font
Mengatur pilihan jenis huruf
Font size
Mengatur pilihan ukuran huruf
Bold
Membuat cetakan huruf tebal
Italic
Membuat cetakan huruf miring
Underline
Membuat cetakan huruf garis bawah
Increase Font size
Menambah ukuran huruf
Decrease Font size
Mengurangi ukuran huruf
Border
Menambah bingkai pada tabel
Fill color
Memberi warna pada tabel
Font color
Memberi warna pada huruf

c.Alignment
Nama
Fungsi
Top Align
Mengatur posisi teks berada di atas
Middle Align
Mengatur posisi teks berada di tengah
Button Align
Mengatur posisi teks berada di bawah
Orientation
Mengatur posisi teks dengan posisi menurun atau miring.
Align Text Left
Mengatur paragraf rata kiri
Align Text Center
Mengatur paragraf rata tengah
Align Text Right
Mengatur paragraf rata kanan
Decrease Indent
Mengatur teks menjorok keluar
Increase Indent
Mengatur teks menjorok ke dalam
Wrap Text
Menampilkan data dalam satu sell dengan tampilan beberapa baris
Merge & Center
Menggabungkan dua sell atau lebih

d.Number
Nama
Fungsi
Number format
Mengatur format angka
Accounting number format
Mengatur format angka dalam laporan keuangan
Percent style
Menambah simbol persen (%)
Comma style
Menambah simbol koma (,)
Increase decimal
Menampilkan desimal secara lebih sederhana
Decrease decimal
Menambah angka desimal

e.Styles
Nama
Fungsi
Conditional formatting
Mengatur format dengan kondisi tertentu
Format as table
Mengatur format tabel
Cell style
Mengatur style cell

f.Cells
Nama
Fungsi
Insert
Menambah sell
Delete
Menghapus sell
Format
Mengatur sell

g.Editing
Nama
Fungsi
Sum
Bantuan penggunaan fungsi Excel
Fill
Meneruskan pola urutan angka
Clear
Menghapus segala sesuatu yang ada di dalam sell terpilih
Sort & filter
Mengatur data sehingga lebih mudah untuk menganalisis
Find & select
Mencari dan memilih teks tertentu, format atau jenis informasi dalam workbook.

   4.Page Layout

a.Themes
Nama
Fungsi
Themes
Mengatur tema dokumen.
Color
Mengatur warna pada tema.
Font
Mengatur huruf pada tema.
Effect
Mengubah efek untuk tema.

b.Page Setup
Nama
Fungsi
Margin
Mengatur batas tepi dokumen.
Orientation
Mengatur posisi dokumen.
Size
Mengatur pilihan ukuran dokumen.
Print Area
Menentukan lokasi yang akan dicetak.
Breaks
Memberi jarak dokumen.
Background
Mengatur latar dokumen.
Print Tiles
Menentukan baris dan kolom untuk diulang setiap mencetak.

c.Scale to Fit
Nama
Fungsi
Width
Menentukan lebar dokumen ketika dicetak.
Heigth
Menentukan panjang dokumen ketika dicetak.
Scale
Menentukan skala dokumen ketika dicetak dengan file Excel.

d.Sheet Options
Nama
Fungsi
Gridlines
Mengatur garis grid nampak/tidak nampak pada   dokumen Excel maupun ketika dicetak.
Heading
Mengatur heading nampak/tidak nampak pada dokumen Excel maupun ketika dicetak.

e.Arrange

C.Mengatur Tampilan Microsoft Word 2007

   1. Mengatur Tampilan Menu
Kadang kala tampilan lembar kerja kita terlihat terlalu sempit,mungkin karena monitor yang kurang lebar,ditambah lagi daftar menu-menu/Ribbon yang ada di office 2007 yang sedikit menyita tempat pula.Untuk mengatasi itu,kita dapat menghilangkan tampilan daftar menu-menu/ribbon tersebut agar lembar kerja terlihat lebih luas.Langkah-langkahnya sbb :
    a.Aktifkan Microsoft Office Word 2007,
    b.Klik kanan pada daftar menu-menu,(boleh di mana saja asal masih di area daftar menu),
    c.Kemudian pilih dan klik “Minimize the ribbon”
    d.Maka menu-menu yang ada tidak akan terlihat lagi.Menu-menu tersebut akan hilang tetapi hanya di Minimize atau di-hide.Untuk menampilkan menu-menunya lagi cukup klik salah satu menu yang ada,misalnya menu insert,setelah menu diklik,maka secara otomatis menu-menu yang ada di menu insert akan terlihat.
Dan otomatis akan hilang pada saat kita klik kembali di area lembar kerja.Klik kembali salah satu menu yang ada untuk menampilkan kembali.
    a.Untuk mengembalikannya seperti semula,cukup klik kanan kembali di area daftar menu seperti dilangkah ke-2,kemudian hilangkan check list yang ada di “Minimize the ribbon” maka menu-menu yang tadinya tidak tampil akan ditampilkan kembali seperti semula
    b.Untuk cara tercepat,cukup tekan saja tombol Ctrl+F1 untuk menyembunyikan dan menampilkan menu ribbon tersebut.


   2. Mengatur Tampilan Ikon
Ikon-ikon yang sering kita gunakan dapat ditampilkan pada Quick Access Toolbar sehingga lebih mudah penggunaannya.Untuk mengatur ikon apa saja yang ditampilkan caranya :
    a.Klik opsi pada Quick Access Toolbar,
    b.Pilih ikon yang akan ditampilkan dengan cara daftar ikon,
    c.Untuk memilih ikon lain klik More Commands,
    d.Pilih letak ikon berasal,missal pada menu Home.Pilih ikon dengan cara klik ikon,kemudian klik add terakhir klik OK,
    e.Ikon yang dipilih telah ditambahkan pada Quick Access.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Pageviews

Poll

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Followers

Popular Posts